• Print
close
Break Dulu Bro

Tax Amnesty adalah program pengampunan pajak yang diberikan oleh Pemerintah kepa...read more Makar adalah sebuah tindakan tipu muslihat yang bertujuan menyerang atau menjatu...read more Reklamasi adalah usaha memanfaatkan kawasan berair yang semula tidak berguna ata...read more Rush Money adalah gerakan menarik uang dari Bank secara massal atau bersamaan ol...read more Bigo Live adalah sebuah aplikasi mobile live streaming/broadcasting berbasis And...read more Galaksi adalah konstelasi bintang-bintang, gas dan debu yang amat luas dalam sua...read more

Apa Itu Makar ?

Makar

Whats Up Bro - Makar adalah sebuah tindakan tipu muslihat yang bertujuan menyerang atau menjatuhkan pemerintahan yang sah. Dalam KUHP pasal 104, 107 dan 108, makar disebut sebagai kejahatan terhadap keamanan negara dengan ancaman hukuman pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara sementara paling lama dua puluh tahun.

Dasar Hukum: KUHP

Pasal 104

Makar dengan maksud untuk membunuh, atau merampas kemerdekaan, atau meniadakan kemampuan Presiden atau Wakil Presiden memerintah, diancam dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara sementara paling lama dua puluh tahun.

Pasal 107

  1. Makar dengan maksud untuk menggulingkan pemerintah, diancam dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun.
  2. Para pemimpin dan pengatur makar tersebut dalam ayat 1, diancam dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara sementara paling lama dua puluh tahun.

Pasal 108

  1. Barang siapa bersalah karena pemberontakan, diancam dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun:

    1) orang yang melawan pemerintah Indonesia dengan senjata;
    2) orang yang dengan maksud melawan Pemerintah Indonesia menyerbu bersama-sama atau menggabungkan diri pada gerombolan yang melawan Pemerintah dengan senjata.

  2. Para pemimpin dan para pengatur pemberontakan diancam dengan penjara seumur hidup atau pidana penjara sementara paling lama dua puluh tahun.
Saran Revisi
No Comments

Leave a reply

Post your comment
Enter your name
Your e-mail address

Artikel Awal