• Print
close
Break Dulu Bro

Tax Amnesty adalah program pengampunan pajak yang diberikan oleh Pemerintah kepa...read more Makar adalah sebuah tindakan tipu muslihat yang bertujuan menyerang atau menjatu...read more Reklamasi adalah usaha memanfaatkan kawasan berair yang semula tidak berguna ata...read more Bigo Live adalah sebuah aplikasi mobile live streaming/broadcasting berbasis And...read more Galaksi adalah konstelasi bintang-bintang, gas dan debu yang amat luas dalam sua...read more MEIKARTA adalah mega proyek “Jakarta Baru” dari LIPPO di daerah Cika...read more

Apa Itu Somasi ?

Somasi

Whats Up Bro - Somasi adalah teguran terhadap pihak calon tergugat pada proses hukum yang bertujuan untuk memberi kesempatan kepada pihak calon tergugat untuk melakukan pemenuhan prestasi atau menghentikan permasalahan sebelum proses hukum berjalan sebagaimana tuntutan pihak penggugat. Bentuk somasi dapat dilakukan secara lisan dan tertulis. Jika somasi akan dibuat sebagai bukti dalam pengadilan maka, somasi sebaiknya dibuat secara tertulis.

Somasi dapat dilakukan individual atau kolektif baik oleh calon penggugat atau kuasa hukum pihak yang dirugikan. Somasi dibuat atas suatu keadaan tertentu dimana terjadi suatu kewajiban yang tidak terpenuhi, sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati. Dengan demikian somasi bukan merupakan tindakan hukum aktif yang bisa berdiri sendiri. Selain itu diperlukan pernyataan lalai atau ingebrekestelling yang disampaikan atau dinyatakan sebelum seseorang ditetapkan wanprestasi.

Dasar Hukum: KUHPer Pasal 1238

Debitur dinyatakan lalai dengan surat perintah, atau dengan akta sejenis itu, atau berdasarkan kekuatan dari perikatan sendiri, yaitu bila perikatan ini mengakibatkan debitur harus dianggap lalai dengan lewatnya waktu yang ditentukan.

Bentuk-Bentuk Somasi

Somasi memiliki beberapa bentuk pernyataaan lalai yang sangat beragam, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Surat perintah yaitu perintah lisan yang disampaikan juru sita kepada debitur (exploit) atau bisa disebut salinan surat peringatan.
  2. Akta sejenisnya (soortgelijke akta) membaca kata-kata akta sejenis ini ialah akta otentik yang sejenis dengan exploit juru sita.
  3. Demi perikatan sendiri, misalnya pada perjanjian dengan ketentuan waktu, secara teoritis, suatu perikatan lalai adalah tidak perlu, jadi dengan terlewatnya waktu yang telah ada dalam perjanjian tersebut, maka keadaan lalai itu terjadi dengan sendirinya.
Saran Revisi
No Comments

Leave a reply

Post your comment
Enter your name
Your e-mail address

Artikel Awal